Sejarah UPA-BK Universitas Tadulako

Unit pelayanan ini terbentuk bersamaan dengan berdirinya Universitas Tadulako pada tanggal 14 Agustus 1981 nama Pusat Bimbingan dan Konseling di bawah koordinasi langsung Rektor Universitas Tadulako. Tahun 2017 melalui surat Keputusan Rektor Nomor 5280/UN28/KP/2017 Tanggal 8 Agustus 2017 Unit ini berubah nama menjadi Unit Pelayanan Psikologi dan Bimbingan Konseling (UPPBK) yang berkoordinasi langsung dengan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako (FKIP-UNTAD). Sejalan dengan perkembangan kelembagaan Universitas Tadulako pada tahun 2019 berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 3895/UN28/KP/2019 Tanggal 29 April tahun 2019 tentang Pembentukan Pusat Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Pengembangan Karier, dan Tracer Study unit ini menjadi Bagian dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNTAD yang berkoordinasi langsung dengan Ketua LP2MP UNTAD.

Tahun 2022 Unit ini Kembali memisahkan diri dengan dikeluarkannya Keputusan Rektor Nomor 91/UN28/KP/2022 Tanggal 3 januari tahun 2022. Unit ini Kembali menjadi Unit Pelayanan Psikologi dan Bimbingan Konseling (UPPBK) yang berkoordinasi langsung dengan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako (FKIP-UNTAD). Sejalan dengan perkembangan organisasi dan tate kelola Lembaga, Reorganisasi Unit Pelaksana Teknis Bimbingan dan Konseling dilakukan kembali dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2023 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Universitas Tadulako, unit ini Kembali dengan nama Unit Penunjang Akademik Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako (UPA-BK UNTAD).

Reorganisasi Unit Penunjang Akademik Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako (UPA-BK UNTAD) tidak lepas dari perkembangan kelembagaan dan organisasi di tubuh Universitas Tadulako. Saat ini, UPA-BK UNTAD bertanggungjawab kepada Rektor UNTAD di bawah koordinasi Langsung wakil Rektor  Bidang Akademik dan bekerjasama langsung dengan 6 Unit Penunjang Akademik lainnya pada Universitas Tadulako.

Scroll to Top